Virtual box adalah sebuah software virtual machine yang fungsinya untuk menginstall OS atau menjalankan OS dalam OS induk, sehingga anda dapat menjalankan Os seperti windows Xp pada windows 7. Beberapa hari sejak Oracle meluncurkan update pemeliharaan VirtualBox 4.0.12, kini update mayor dari aplikasi virtual mesin tersebut telah tersedia untuk download bagi pengguna Linux, Mac OS X, Windows dan Solaris baik arsitektur 32-bit maupun 64-bit.

Setelah melalui tiga versi beta, Oracle secara resmi mengumumkan keberadaan VirtualBox 4.1.0. Rilis stabil terbaru ini di rilis tujuh bulan setelah Oracle merilis VirtualBox 4.0 dan itu memuat sejumlah fitur baru.

VirtualBox 4.1 memperkenalkan dukungan sistem kloning virtual mesin (VM), meningkatkan batas memori untuk host 64-bit hingga 1 TB dan termasuk peningkatan wizard baru untuk menciptakan dan menyalin virtual disk.

Perubahan lainnya adalah dukungan eksperimental driver grafis WDDM (Windows Display Driver Model) untuk guest Windows dan penambahan dukungan passthrough PCI untuk host Linux, yang memungkinkan OS guest (mesin virtual) untuk melakukan ‘passthrough’ hypervisor dan langsung mengakses hardware fisik, seperti kartu ethernet PCI, guna meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Dengan diperkenalkannya driver grafis WDDM, meski masih tahap awal karena bersifat eksperimental, kini pengguna dengan OS guest Windows 7 sudah dapat mengaktifkan efek Aero.

Perubahan lain termasuk pembaruan antar muka pengguna (GUI) dan perbaikan untuk sejumlah bug yang sangat berpengaruh, misalnya, dukungan 3D, koneksi TLS dan driver USB pada host Windows. Pada GUI, pengguna dapat mengubah alamat MAC dari mesin virtual ketika sedang mengkloning atau mengimpor, mengubah properties jaringan saat dijalankan dan mengkonfigurasi beberapa SATA port controller. Sebuah mode jaringan baru, UDP Tunnel juga telah ditambahkan, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan interkoneksi mesin virtual berjalan pada host yang berbeda.

Untuk rincian lengkap perubahan pada VirtualBox 4.1.0 ini, dapat Anda temukan dalam VirtualBox change log serta mendapatkan dokumentasi dari halaman yang telah disediakan. VirtualBox 4.1.0 dilisensikan di bawah GPL2 dan telah tersedia untuk download dari situs resmi VirtualBox (link download ada di bagian akhir artikel ini). Perubahan ke GPL dimungkinkan pada versi 4.0 dengan memisahkan ekstensi ke modul yang berdiri sendiri. Oracle VM Extension pack tersedia secara cuma-cuma di bawah lisensi Personal Use and Evaluation Licence (PUEL).

Download

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s